Sabtu, 17 Maret 2012

Studi Banding Internal REESA “Expression”

Pada tanggal 6,7 dan 12 Maret 2012, REESA mengadakan studi banding internal ke beberapa himpro yang berada di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Acara studi banding yang diberi nama Expression 2012 (Expand Student and Relationship) ,diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan sinergisitas dan menyambung tali silaturahmi antar himpunan profesi se-FEM IPB. Studi banding yang berlangsung selama tiga hari ini dimulai dengan melakukan kunjungan ke Hipma, Com@, dan Hipotesa.

1.HIPMA
Rangkaian pertama acara Expression dimulai dengan mengunjungi teman-teman HIPMA yang berasal dari Departemen Agribisnis FEM IPB. Pada tanggal 6 Maret 2012, seluruh staff dari REESA dan HIPMA berkumpul bersama di koridor FATETA untuk menghadiri acara Expression yang dimulai pada pukul 19.00 WIB. Kedua MC, Lutfi dari REESA dan Meisye dari HIPMA, memandu acara tersebut dengan penuh semangat sehingga mampu mendatangkan suasana kekeluargaan antar kedua himpro. Acara dimulai dengan pembacaan saritilawah oleh saudara Adi dari ESL 47 kemudian dilanjutkan dengan pengenalan setiap divisi dari masing-masing himpro. Ketua REESA maupun Ketua HIPMA, saling mempresentasikan mengenai himpro masing-masing. Dimulai dari visi dan misi, pengenalan staff, hingga program kerja selama setahun kedepan. Setelah kedua himpro melakukan presentasi, kemudian diadakan diskusi panel antar divisi kedua himpro. Banyak sekali manfaat dan informasi yang diperoleh para staff dari kegiatan diskusi panel tersebut. Sekitar pukul 20.15 WIB diskusi panel berakhir dan dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua himpro. Sebagai penutup acara, kedua himpro pun melakukan foto bersama untuk menunjukan sinergisitas antara REESA dan HIPMA.

2. COM@
Rangkaian kedua acara Expression, dilanjutkan dengan mengunjungi teman-teman COM@ yang berasal dari Departemen Manajemen FEM IPB. Pada tanggal 7 Maret 2012, masih bertempat di koridor FATETA, kedua himpro saling bersilaturahmi dan bertukar pikiran tentang himpro masing-masing. Acara yang dimulai pada pukul 19.00 WIB ini dipandu oleh Willy dari REESA dan Rara dari COM@. Tak kalah dengan MC sebelumnya, sinergisitas kedua MC ini mampu menciptakan atmosfer yang hangat diantara kedua himpro. Rangkaian acara pada hari kedua pun tidak jauh berbeda dengan rangkaian acara sebelumnya. Setelah acara dibuka dengan pembacaan saritilawah oleh saudara Adi dan dilanjutkan pengenalan divisi oleh MC, kedua ketua himpro pun mulai mempresentasikan mengenai visi dan misi, pengenalan para staff, dan program kerja selama setahun kedepan. Seusai presentasi, dimulailah acara diskusi panel antar divisi dari masing-masing himpro. Kembali, REESA dan COM@ pun mempeoleh pembelajaran yang luar biasa dari kegiatan Expression ini. Acara kemudian ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua himpro dan foto bersama antar kabinet REESA dan COM@.

3. HIPOTESA
Setelah HIPMA dan COM@, kali ini giliran HIPOTESA yang memperoleh kunjungan dari REESA. Pada tanggal 12 Maret 2012, bertempat di RK.AGB 301, kedua himpro saling bertemu untuk bersilaturahmi. Acara hari itu dipandu oleh Amalia dari REESA dan Farah Meriska dari HIPOTESA. Acara yang berlangsung sejak pukul 19.00 WIB, dimulai dengan pembacaan basmalah dan pengenalan divisi dari kedua himpro oleh kedua MC. Kemudian, acara dilanjutkan dengan presentasi mengenai himpro masing-masing yang dipandu oleh ketua REESA dan ketua HIPOTESA secara bergantian. Setelah presentasi selesai, maka acara diskusi panel yang ditunggu-tunggu oleh setiap divisi pun dimulai. Dalam kegiatan diskusi panel ini selalu diperoleh pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kinerja setiap divisi kedepannya. Acara pun kemudian dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan dari kedua himpro secara bergantian. Foto bersama yang dilakukan kedua himpro pun menjadi penutup yang manis dalam acara Expression hari itu. Berakhirnya kegiatan studi banding bersama dengan HIPOTESA menjadi pertanda berakhirnya seluruh rangkaian acara studi banding internal REESA tahun ini.


0 comments:

Posting Komentar